cara transfer kuota xlBuat kalian para pengguna nomor XL yang dulunya suka gonta-ganti kartu paketan, kini kalian bisa menyiasatinya dengan cara transfer kuota XL dari kartu baru ke nomor xl kalian yang lama.

Transfer Kuota? iya..

Kenapa perlu disiasati dengan Transfer Kuota?

Iya kalian perlu menggunakan fitur transfer kuota XL, karena sekarang registrasi kartu perdana telah berbeda, tidak sama dengan yang dulu.

Sekarang registrasi kartu perdana sudah diatur pembatasannya oleh Menkominfo, per 1 NIK hanya bisa digunakan untuk meregistrasi maksimal 3 nomor saja untuk 1 operator. Jadi kalian tidak akan bisa lagi meregistrasi kartu berkali-kali seperti dulu.

Apabila kalian ingin menggunakan kartu paketan yang baru, sementara NIK yang kalian miliki sudah digunakan untuk mendaftar 3 nomor sebelumnya, maka salah satu dari nomor kalian yang telah diregistrasi tersebut harus diunreg terlebih dahulu, supaya NIK nya bisa digunakan untuk mendaftarkan kartu yang baru.

Jika kalian tidak suka ribet, sudah pasti aturan tersebut akan menyulitkan. Bagaimana tidak, kalian masih harus melakukan UNREG terlebih dahulu kemudian baru meregistrasi nomor yang baru dibeli dengan NIK asli setiap kali mau menggunakan perdana kuota yang baru.

Nah supaya tidak seribet itu, XL telah menyediakan fitur transfer kuota internet buat mempermudah bagi kalian yang suka gonta-ganti kartu paketan.

Apa sih transfer kuota?

Jadi intinya, setiap kali kalian beli kartu paketan XL di konter, maka kalian hanya perlu mentransfer kuotanya ke nomor XL kalian yang lama saja tanpa perlu meregistrasi nomor yang baru terlebih dahulu.

Jadi fitur transfer kuota ini tidak membutuhkan NIK dan KK karena memang tidak termasuk registrasi, kalian tidak perlu ganti kartu, tetap menggunakan nomor XL yang lama.

Sediakan nomor XL lama kalian yang sudah teregistrasi sesuai dukcapil dan beli kartu paketan yang baru di konter. Sekali lagi, kartu paketan XL yang baru tidak perlu diregistrasi, bisa langsung kalian transfer kuotanya ke nomor XL kalian yang lama.

Cara transfer kuota XL itu bisa menggunakan 2 cara, yaitu:

  • Cara Mandiri
  • Jalur Dompul

Dan jenis paket internet XL yang bisa ditransfer kuotanya juga hanya ada 2 macam, yaitu:

  • Paket Data XL Xtra Combo Lite
  • Paket Data XL Hotrod Xtra

Cara Transfer Kuota XL Xtra Combo Lite & Hotrod Xtra

A. Cara Mentransfer Secara Mandiri

Cara transfer kuota XL secara mandiri maksudnya adalah kalian sebagai pengguna bisa melakukannya sendiri, tanpa perlu bantuan konter ataupun customer service XL. Caranya cukup mudah, jika kalian ingin mencobanya, ikuti panduan ini.

1. Cek terlebih dahulu apakah nomor XL kalian bisa menerima transfer kuota atau tidak?

Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua nomor XL bisa menerima kuota transferan. Terlebih lagi jika nomor xl kalian termasuk nomor lama (keluaran sebelum 2018).

Untuk nomor lama dipastikan tidak bisa menggunakan fitur ini, kecuali nomor tersebut berlanggan paket hotrod Xtra terlebih dahulu, barulah di bulan berikutnya bisa menggunakan layanan transfer kuota.

Nomor yang pasti bisa menerima transfer kuota paket XL adalah..

  • Nomor baru (aktivasi 2018 ke atas)
  • Bekas Perdana paketan Xtra Combo Lite & Hotrod Xtra

Bagaimana jika kita tidak tahu apakah nomor XL yang kita miliki termasuk nomor baru atau lama?

Dan bagaimana jika kita juga tidak tahu apakah nomor tersebut bekas perdana paketan Xtra Combo Lite & Hotrod Xtra atau bukan?

Untuk kondisi seperti itu, kalian bisa mengetahuinya dengan cara langsung ketik *123*234# dari nomor XL yang lama (yang digunankan untuk menerima kuota transferan). Jika muncul popup seperti gambar di bawah ini, berarti nomor tersebut bisa menerima transfer kuota.

cara mentransfer kuota internet XL

2. Jika popup seperti gambar di atas sudah muncul, silahkan pilih salah satu, lalu klik tombol kirimkan.

Keterangan:

  • Pilih Nomor 1 (Terima Paket Kartu Perdana)
    Jika kuota yang ditransfer berasal dari kartu perdana atau yang lebih dikenal dengan nama SPWL.
  • Pilih Nomor 2 (Terima Paket Voucher)
    Jika kuota yang ditransfer berasal dari voucher kuota yang berbentuk fisik/Voucher gesek

3. Masukkan Nomor Kartu Perdana XL

Di bagian ini, silahkan masukkan nomor XL yang baru kalian beli, atau jika yang kalian beli adalah voucher fisik bukan yang kartu perdana paketannya, langsung saja masukkan 16 digit kode vouchernya.

4. Masukkan Kode Voucher

Pada menu popup ini, silahkan isi dengan kode voucher yang terdapat pada kartu perdananya. Kalau yang kalian beli adalah berupa kartu perdana (SPWL) otomatis akan mendapat kartu perdana + voucher (1 paket).

Tapi Jika yang kalian beli adalah berupa vouchernya saja, abaikan langkah keempat ini, karena sudah selesai sampai langkah ketiga di atas tadi.

5. Tunggu Notifikasi.

Notifikasi sukses atau gagal akan dikirim melalui sms, silahkan cek inbox sms kalian secara berkala. Apabila transfer kuota XL yang telah kalian lakukan sukses, notifnya akan seperti gambar ini.

cara transfer paket data XL Combo Lite

Lihat Juga Panduannya di Video ini

Baca Juga: Rekomendasi Paket Internet Indosat Terbaik & Termurah disini!

B. Cara Mentransfer Menggunakan Dompul

Untuk bisa menggunakan cara ini, kalian membutuhkan sebuah chip dompul. Apa itu?

Chip dompul sebenarnya sama saja dengan kartu XL pada umumnya, tapi yang membedakan, chip dompul hanya dimiliki oleh konter atau agen pulsa yang terdaftar di distributor resmi XL.

Jika kalian bukan konter, tentunya tidak bisa menerapkan cara transfer kuota XL yang ini. Tapi tidak perlu khawatir, jika seandainya jalur *123*234# di atas tadi sedang gangguan, kalian bisa meminta konter tempat beli kartu/voucher data XL tadi untuk mentransferkan kuota tersebut melalui chip dompul mereka.

Caranya, ketik format dial ini (dari Chip Dompul milik konter).

  • Jika kuota yang akan ditransfer berasal dari kartu perdana (SPWL)
    1. ketik: *151#
    2. Pilih Nomor 5 (Program Outlet)
    3. Pilih Nomor 5 (Transfer Paket ke Nomor Pelanggan)
    4. Pilih Nomor 1 (Transfer Paket Kartu Perdana)
    5. Masukan 4 Digit terakhir nomor kartu perdana XL yang akan ditransfer kuotanya
    6. Masukan Kode Voucher
    7. Masukkan Nomor Pelanggan

Notifkasi Sukses dan Gagal akan dikirim melalui sms ke nomor chip dompul konter. Apabila sukses, di nomor XL kalian juga akan ada notifikasi suksesnya.

  • Jika kuota paket yang akan ditransfer berasal dari voucher fisik
    1. ketik: *151#
    2. Pilih Nomor 5 (Program Outlet)
    3. Pilih Nomor 5 (Transfer Paket ke Nomor Pelanggan)
    4. Pilih Nomor 2 (Transfer Paket Voucher)
    5. Masukkan Kode Voucher
    6. Masukkan Nomor Pelanggan

Atau ikuti panduan yang ada di dalam video ini

Apakah Transfer paket XL ada biayanya?

Transfer paket ini tidak ada biayanya, alias gratis. Dan masa berlaku paket sesuai dengan masa berlaku aslinya. Maksudnya jika kartu/voucher data combo lite yang kalian beli masa aktifnya 30 hari maka ketika paket tersebut ditransferkan ke nomor XL kalian, masa aktifnya tetap 30 hari.

Dan masa aktif paket baru berjalan ketika transfernya berhasil. Selama kuota yang ada di perdana SPWL yang baru kalian beli masih belum ditransferkan (masih dibiarkan seperti sediakala), masa aktif paketnya belum berjalan. Yang berjalan hanya masa tunggunya. Masa tunggu SPWL/Voucher WL umumnya 6 bulan.

Keterangan:

  • Masa tunggu adalah batas hingga kartu/voucher tersebut diregistrasi/digunakan.

Misal, kalian beli kartu/voucher data XL dengan masa tunggu 6 bulan. Artinya kartu/vocuher tersebut harus diaktifkan atau ditransferkan sebelum 6 bulan. Jika lewat dari itu maka nomor/voucher tersebut tidak bisa diaktifvasi ataupun ditransfer kuotanya.

Jadi meskipun kartu/voucher belum diregistrasi/belum ditransferkan kuotanya, masa tunggunya tetap jalan.

  • SPWL adalah sebutan untuk kartu perdana XL Xtra Combo Lite
  • Voucher WL adalah sebutan/nama untuk vocuher data XL Xtra Combo Lite yang berbentuk fisik/gesek.

Related Posts Cara Transfer Kuota XL lainnya

5/5 (3)

Yuk Kasih Rating Konten ini!

Cara Transfer Kuota XL Terbaru Secara Mandiri & Via Dompul
Ditag pada: