cara registrasi kartu xl

Cara registrasi kartu XL secara garis besar tidak jauh berbeda dengan pendaftaran kartu dari operator lain, yaitu dengan mengirim data NIK KK yang sudah tervalidasi dukcapil ke 4444.

Adapun metode yang umum digunakan, baik oleh konter ataupun pelanggan end user adalah melalui SMS, meskipun sebenarnya kalian juga bisa meregistrasinya melalui gerai XL Center terdekat.

Tapi tetap saja penggunaan metode sms untuk mendaftar kartu masih dirasa lebih efisien, karena kita tidak perlu keluar rumah untuk datang ke kantor XL Center. Kita bisa melakukannya sendiri kapanpun kita sempat tanpa perlu ke gerai.

Nah, buat kalian yang mau meregistrasi kartu XL tapi masih belum tahu bagaimana caranya, di sini saya akan bagikan panduannya.

Yuk ikuti panduan ini.

 

Cara Registrasi Kartu XL yang Benar Sesuai Aturan BRTI Terbaru

Silahkan langsung masuk ke menu pesan pada hp kalian masing-masing, lalu ketikkan format ini.

A. Untuk Kartu Baru (jika baru beli)

Format: Daftar#NIK#KK

Contoh: Daftar#1234567890123456#0987654321123456

Lalu kirim format tersebut ke 4444

 

Namun apabila nomor kalian adalah nomor lama yang sebelum sudah pernah aktif, maka kalian bisa meregistrasi ulang kartu tersebut dengan cara di bawah ini.

B. format Daftar Ulang Untuk Nomor XL Lama

Format: Ulang#NIK#KK

Contoh: Ulang#5678900987654321#8765432123456789

Dan kirim format di atas ke 4444

Setelah format berhasil kalian kirim lalu tunggu beberapa saat dan cek inbox pesan secara berkala. Notifikasi pendaftaran sukses atau gagal akan diinfokan melalui sms.

Seringkali ada pertanyaan begini

“Apakah registrasi melalui SMS kena biaya pulsa?”

Jawabannya adalah tidak. Pengiriman format pendaftaran, baik untuk nomor baru ataupun nomor lama adalah gratis. Tidak ada biaya potong pulsa seperti ketika kalian kirim sms secara reguler.

Jadi misal setelah kalian menunggu hingga beberapa jam tapi masih tidak ada laporan sukses/gagal terkait status pendaftaran yang telah kalian lakukan tadi, maka kalian boleh saja mengirimnya kembali untuk memastikan kalau format tersebut benar-benar telah berhasil terkirim.

Tenang saja, pulsa kalian aman kok tidak akan terpotong.

Tonton panduan tutorial yang ada di video ini

 

Cara Cek Registrasi Kartu XL

Adapun bagi kalian yang masih merasa belum yakin apakah kartu XL nya sudah terdaftar dengan benar atau belum, ada cara sederhana untuk mengetahuinya.

Silahkan kalian tekan format ini.

  • Tekan *123*4444#
  • Pilih 1 (Menu Cek Nomor)
  • Lalu perhatikan popup yang muncul di layar hp kalian.  Disitulah informasi terkait apakah nomor xl tersebut telah terdaftar dengan ktp yang benar atau tidak tercantum.

Jika di popup tersebut, infonya nomor kalian sudah terdaftar, berarti aman. Tapi jika ternyata belum maka segera lakukan registrasi sesuai petunjuk di atas tadi

Yang perlu kalian ketahui terkait masalah ini adalah, penggunaan nomor KTP untuk keperluan registrasi ada pembatasannya. Maksudnya, 1 nomor KTP tidak bisa digunakan untuk mendaftar kartu berkali-kali. Kalian hanya bisa menggunakannya maksimal sebanyak 3 kartu saja.

Bagaimana jika sudah punya 3 kartu aktif tapi ingin ganti ke nomor XL yang baru?

Apabila kalian dalam kondisi seperti ini, solusinya adalah dengan unreg salah satu nomor XL yang lama. Nah, jika nomor telah diunreg, maka artinya nomor tersebut sudah tidak ada kaitannya dengan data KTP kalian lagi.

Jadi kalian bisa menggunakan jatah KTP yang tersisa 1 slot tersebut untuk meregistrasi nomor yang baru.

cara unreg kartu xl

Bagaimana Cara Unreg Kartu XL?

Caranya adalah dengan mengetik format ini

Format: UNREG#NomorKartuXL

Contoh: UNREG#087712341234

Lalu kirim format tersebut via sms ke 4444

Penting!

Format unreg di atas ngirimnya dari nomor XL yang akan di unreg dari NIK kalian, bukan dari nomor yang baru.

Bagaimana jika nomor nya hilang,hangus atau sudah terlanjur dibuang?

Tentunya jika nomor xl lama yang akan diunreg sudah hilang, hangus atau terlanjur dibuang maka tidak bisa menggunakan cara tersebut. Solusinya adalah pergi ke gerai XL Center untuk meminta unreg nomor yang hilang tadi.

Jika kalian sering gonta-ganti kartu, terutama kartu paketan, biasakan untuk selalu unreg terlebih dahulu sebelum dibuang jika paketannya sudah habis.

Buat kalian yang saat ini masing sering gonta-ganti kartu paketan XL, mungkin butuh ini: Cara Transfer Kuota XL

 

Mengatasi Masalah Registrasi Kartu XL yang Gagal

Normalnya, daftar kartu XL dengan cara di atas pasti berhasil, tapi fakta di lapangan masih ada saja yang terkendala atau gagal.

Apabila kalian adalah yang termasuk mengalami masalah ini, coba cek satu per satu dari 4 faktor yang bisa menjadi penyebab ini.

  1. KTP sudah digunakan pada 3 nomor
    Untuk mengetahui apakah KTP kita sudah terpakai untuk 3 nomor atau belum adalah dengan cara ketik *123*4444# seperti yang telah saya contohkan di atas. Jika ternyata benar sudah terpakai untuk 3 nomor, solusinya adalah unreg salah satu.
  2. NIK & KK belum tervalidasi dukcapil pusat
    Biasanya ini terjadi jika KK yang kalian gunakan baru dibuat. Apabila kartu KK masih belum tervalidasi/belum terdaftar di database dukcapil pusat, solusinya adalah silahkan hubungi halo dukcapil di nomor 1500537
  3. Kesalahan format
    Ini mungkin sepele tapi bisa jadi penyebab registrasi gagal karena kalian salah format. Periksa kembali formatnya barangkali ada tambahan spasi, titik atau tanda baca lainnya di sela-sela.
  4. Gangguan sistem
    Apabila ketiga poin di atas sudah kalian cek dan baik-baik saja, bisa jadi penyebabnya adalah karena sistem dukcapil atau XL sedang gangguan. Solusi untuk masalah ini adalah coba secara berkala atau tunggu hingga 1 x 24 jam. Jika setelah ditunggu hingga 1 x 24 jam masih belum bisa, silahkan datang ke gerai XL Center.

 

Dampak Jika Tidak Registrasi Ulang dengan NIK & KK Valid

Apakah registrasi sesuai NIK dan KK asli ini harus?

Jawabannya adalah iya, semua kartu perdana baik prabayar ataupun pascabayar wajib didaftar ulang dengan benar menggunakan nomor KTP dan KK asli yang tervalidasi dukcapil.

Jika nomor XL kalian belum diregistrasi ulang, maka nomor tersebut akan diblokir. Kalau sudah diblokir, semua fasilitas & layanan dari kartu tersebut seperti telpon, sms dan akses internet tidak bisa digunakan lagi.

Jangan sampai kartu XL kalian terblokir, segera daftar ulang sekarang juga.

 

Related post to Cara Registrasi Kartu XL

5/5 (2)

Yuk Kasih Rating Konten ini!

Cara Registrasi Kartu XL yang Benar