cara registrasi kartu telkomselCara registrasi kartu Telkomsel sebenarnya sangat mudah sekali. Kalian bisa menggunakan beberapa metode untuk melakukannya, seperti melalui sms ke 4444, lewat dial ussd, via call center, langsung datang ke grapari ataupun cara lainnya.

Tapi, pada konten ini saya hanya akan membahas cara registrasi kartu telkomsel melalui:

  • SMS 4444
  • Dan Dial USSD

Mengapa?

Sebab, memang 2 cara inilah yang paling banyak digunakan untuk registrasi kartu telkomsel baik oleh pengguna (tipe enduser) ataupun oleh konter atau para penjual pulsa.

Selain sangat mudah dan cepat, cara registrasi kartu telkomsel melalui SMS 4444 dan juga dial USSD memang terasa lebih praktis dibanding menggunakan beberapa cara lainnya.

Dengan kedua cara tersebut, kalian bisa langsung melakukannya sendiri kapanpun kalian sempat, tanpa harus capek-capek pergi ke grapari ataupun meminta bantuan call center.

Tapi..

Meskipun mudah, faktanya hingga saat ini masih banyak diantara kita yang masih belum tahu bagaimana cara registrasi kartu telkomsel yang benar sesuai dengan peraturan pemerintah yang terbaru. Jika kalian termasuk salah satunya?

Tenang…

Karena disini saya akan kasih tahu bagaimana cara registrasi kartu telkomsel dengan menggunakan kedua cara di atas (SMS & Dial USSD).

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Sesuai Peraturan BRTI yang Terbaru

Bagi kalian yang mau registrasi nomor telkomsel dengan cara SMS, silahkan masuk ke menu pesan yang ada di hp masing-masing lalu ketik format ini:

Format: REG<Spasi>NomorNIK#NomorKK#

Contoh: REG 3211234567890123#3211234567890123#

Kirim format sms di atas ke 4444

Setelah itu, cek inbox pesan secara berkala. Notifikasi gagal atau berhasilnya registrasi yang telah kalian lakukan akan diinfokan melalui SMS yang biasanya dalam kurun waktu 1 menit hingga 5 menit terhitung setelah format registrasi terkirim.

Pengiriman format registrasi ini gratis, tidak memotong pulsa, baik aktivasi kartu baru ataupun kartu lama. Jadi misal kartu Telkomsel kalian tidak ada pulsanya, registrasi masih bisa dilakukan.

Metode yang kedua adalah melalui dial USSD. Buat kalian yang mau registrasi kartu Telkomsel dengan cara Dial, cara nya adalah masuk ke menu panggilan lalu ketik format ini:

Format: *444*NomorNIK#NomorKK#

Contoh: *444*3211234567890123#3211234567890123# Lalu tekan tombol OK/Panggil

Secara garis besar, penggunaan metode dial ussd sama dengan penggunaan sms seperti di atas. Notifikasi berhasil atau gagalnya akan dikirim melalui pesan SMS. Jadi cek berkali inbox SMS di hp kalian.

Perlu kalian ketahui, sesuai dengan peraturan BRTI yang terbaru, untuk registrasi kartu telkomsel kalian wajib menggunakan nomor NIK dan KK yang valid.

Maksudnya, kalian tidak bisa lagi menggunakan nomor NIK dan KK asal-asalan atau palsu seperti yang banyak dipraktekkan di waktu dulu.

Nomor kartu NIK dan KK harus tervalidasi di sistem Dukcapil, jika kalian memaksakan diri registrasi menggunakan nomor NIK dan kartu KK asal-asalan, dapat dipastikan registrasi nya akan gagal, karena nomor dari kartu tersebut tidak ada di server dukcapil.

Sering kali ada pertanyaan seperti ini:

“Saya masih berstatus pelajar belum punya KTP, bagaimana cara registrasi nya?”

cara registrasi nomor telkomsel

Cara nya sama saja, tetap dibutuhkan nomor NIK meskipun kalian belum memiliki KTP. Nah, jika kalian termasuk pengguna kartu telkomsel yang masih belum punya KTP, maka kalian bisa cek nomor NIK milik kalian di kartu KK nya.

Semua warga negara Indonesia pasti memiliki nomor NIK kok, mulai dari yang baru lahir hingga yang tua. Ceknya bisa dilihat di kartu KK.

Apakah dengan menggunakan NIK dan KK asli, registrasi pasti berhasil?

Seharusnya sih iya, tapi faktanya masih ada atau bahkan banyak yang gagal registrasi nya.

Mungkin kalian mengalami yang seperti ini:

“Saya sudah pakai nomor nik dan kk yang valid seperti contoh di atas, tapi kenapa registrasi saya gagal dan mendapat balasan seperti ini Nomor NIK Anda Sudah Melebihi Batas

Nah, ini merupakan salah satu penyebab registrasi gagal.

Penggunaan nomor NIK untuk keperluan registrasi nomor Telkomsel ada aturan pembatasannya.

1 NIK hanya boleh digunakan untuk registrasi maksimal 3 kartu telkomsel dan tidak bisa lagi melakukan registrasi berkali-kali atau aktivasi kartu telkomsel secara masal seperti dulu.

Apabila balasan yang kalian dapat seperti di atas, atau mirip-miriplah, artinya NIK kalian sudah dipakai untuk registrasi 3 kartu sebelumnya. Jadi tidak bisa digunakan untuk registrasi kartu lagi.

Jika kalian ingin ganti dengan kartu yang baru, maka cara nya adalah dengan melakukan unreg pada salah satu nomor Telkomsel yang lama terlebih dahulu.

Unreg kartu lama tujuannya adalah untuk menghapus data NIK yang telah digunakan pada nomor Telkomsel yang lama supaya bisa digunakan lagi untuk registrasi kartu telkomsel yang baru.

Misal..

Sebelumnya kalian sudah punya 3 nomor telkomsel nih, anggap saja nomor A, B dan C.

Jika kalian ingin registrasi lagi kartu baru, katakanlah kartu D, maka kalian harus unreg terlebih dahulu salah satu dari ketiga kartu tadi. Misal nomor Telkomsel A yang sudah tidak di pakai, Maka lakukan unreg dulu pada nomor Telkomsel A tersebut.

Ketika kalian Unreg nomor Telkomsel A, artinya NIK milik kalian yang sebelumnya terkait dengan nomor Telkomsel A, sekarang sudah tidak lagi, dan NIK tersebut bisa digunakan untuk meregistrasi nomor Telkomsel D.

Untuk tata cara unreg kartu telkomsel, kalian bisa menggunakan sms 4444 dengan format ini:

Ketik: UNREG#NomorNIK

Contoh: UNREG#3211234567890123

Kirim sms ke 4444

Atau jika menggunakan Dial USSD, tekan *444# lalu pilih Nomor 3 (UNREG) dan ikuti petunjuk yang muncul di layar hp.

Saya masih belum pernah menggunakan NIK sebanyak 3 kali, tapi kenapa NIK tersebut tidak bisa digunakan untuk registrasi?

NIK belum mencapai batas limit registrasi tapi tidak bisa digunakan untuk meregistrasi, kemungkinan besar masalahnya ada di salah satu poin ini:

  • NIK disalahgunakan orang lain
  • Data NIK dan KK kalian belum tervalidasi di sistem dukcapil

Apabila penyebabnya NIK kalian disalahgunakan oleh orang lain, maka solusi menanganannya adalah dengan melakukan pengecekan ke grapari dengan membawa kartu KK asli.

Kalian bisa minta bantu ke customer service untuk dilakukan pengecekan nomor-nomor Telkomsel mana saja yang registrasi nya menggunakan NIK milik kalian. Lalu setelah datanya di dapat, cek apakah ada nomor Telkomsel lain yang bukan milik kalian?

Jika ada, silahkan minta kepada CS untuk menonaktifkan kartu telkomsel yang bukan milik kalian tersebut.

Kok bisa orang lain registrasi pakai NIK dan KK kita?

Darimana mereka tahu?

Entahlah, tapi kenyataannya kasus seperti itu banyak terjadi di lapangan. Oleh sebab itu ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam menjaga data pribadi seperti NIK dan KK, terlebih lagi data pribadi yang ada kaitannya dengan perbankan.

Untuk penyebab yang poin kedua, kebanyakan yang seperti ini terjadi jika NIK/kartu KK kalian baru dibuat. Jadi secara sistem, datanya belum sampai ke server dukcapil pusat, masih sampai daerah saja.

Solusi tercepat untuk mengatasi kasus NIK/KK yang belum tervalidasi dukcapil adalah dengan menghubungi call center dukcapil di nomor 1500537

“Cara registrasi kartu telkomsel yang saya lakukan sudah sesuai dengan contoh di atas, sudah menggunakan NIK dan KK tervalidasi, Belum mencapai limit 3 kartu dan tidak ada yang menyalahgunakan NIK, tapi kenapa registrasi masih gagal?”

Apakah kalian mengalami yang seperti ini?

Ok tenang jangan panik..

Kasus seperti ini pasti akan terjadi jika server dukcapil pusat bermasalah atau sederhananya sedang gangguan.

Percuma, meski format registrasi nya sudah benar, NIK/KK sudah tervalidasi tapi kalau server yang digunakan untuk memverifikasi trobel tetap saja tidak akan berhasil.

Solusi jika kalian mengalami kasus yang seperti ini adalah sabar dulu jangan dipaksakan.

Jika sampai keesokan hari masih belum ada sms notifikasi masuk dari 4444, silahkan kirim kembali format registrasi kalian. Asalkan semua sudah sesuai, pasti akan berhasil.

Baca Juga Konten Terkait Cara Registrasi Kartu Telkomsel lainnya:

5/5 (4)

Yuk Kasih Rating Konten ini!

Begini Cara Registrasi Kartu Telkomsel Terbaru. Pasti Work 100%