cara registrasi kartu indosatCara registrasi kartu Indosat yang sekarang sangat berbeda jika dibandingkan dengan tata cara yang telah diinfokan oleh pemerintah beberapa tahun lalu. Jika kalian menemukan tutorial lama di internet, bisa dipastikan proses aktivasi yang kalian lakukan akan gagal.

Aturan terbaru menkominfo terkait masalah registrasi kartu perdana Indosat mewajibkan kita untuk menggunakan data NIK dan KK valid dukcapil. Artinya, nomor NIK dan KK yang kita gunakan untuk melakukan registrasi harus sudah tercatat (terdaftar) di dukcapil sebelumnya.

Tidak boleh asal. Jika kalian mencoba memasukkan data NIK dan KK secara asal untuk registrasi, sudah pasti akan gagal, karena data tersebut tidak terdaftar di dukcapil.

Dalam Mekanisme peraturan terbaru, registrasi kartu perdana diwajibkan kepada semua pengguna layanan seluler, baik pengguna lama ataupun baru.

Jadi jangan salah, tidak hanya pengguna baru saja yang wajib meregistrasi kartu Indosatnya menggunakan NIK dan KK valid, pengguna lama juga wajib melakukannya.

Jika kalian mungkin adalah pengguna lama kartu Indosat, maka segera lakukan registrasi ulang sekarang, sebab jika nomor Indosat lama kalian tidak diregistrasi ulang maka kartu tersebut akan diblokir oleh pemerintah.

Dampak dari pemblokiran tersebut adalah kartu kalian tidak bisa digunakan lagi, baik untuk layanan Sms, Telp ataupun Internet. Jadi sebelum kartu Indosat kalian terblokir, buruan diregistrasi kembali menggunakan nomor NIK dan KK yang valid.

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo yang Benar?

Registrasi kartu indosat ooredoo yang benar bisa kalian lakukan melalui salah satu dari 2 cara ini:

  • SMS 4444
  • Datang ke Gerai Indosat Ooredoo

A. Cara registrasi kartu Indosat menggunakan metode SMS adalah sebagai berikut:

1. Format Registrasi Bagi Pelanggan Baru Indosat:

Ketik: NomorNIK#NomorKK#

Contoh: 1234567890123456#3251234567890213#

 

2. Format Registrasi Ulang Untuk Pelanggan Lama:

Ketik: Ulang#NomorNIK#NomorKK#

Contoh: Ulang#1234567890123456#3251234567890213#

 

Lalu Kirim format di atas ke 4444

Tunggu beberapa saat, biasanya sekitar 2 menit – 5 menit maka kalian akan mendapat pesan balasan yang di dalamnya berisi informasi terkait pendaftaran yang telah kalian lakukan, apakah berhasil atau gagal.

Penting untuk pelanggan lama!

“Jika penggunaan format registrasi yang nomor 2 tidak bisa/tidak ada balasan/balasannya format salah, maka silahkan coba menggunakan format yang nomor 1. Sebab dalam beberapa kondisi, format yang nomor 1 memang lebih work dibanding yang ke 2”

Tonton video cara registrasi kartu indosat + Unreg nya yang kami temukan dari youtube:

B. Cara Registrasi kartu Indosat di gerai

Apabila kalian ingin melakukan registrasi di gerai, maka kalian bisa langsung pergi ke gerai indosat terdekat dengan membawa data KTP dan KK yang valid.

Dalam mekanisme registrasi saat ini, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui, baik pelanggan lama ataupun pelanggan baru.

Aturan tersebut adalah seperti ini:

  • 1 Nomor NIK dibatasi hanya bisa digunakan untuk registrasi maksimal sebanyak 3 nomor
  • Pembatasan 1 NIK untuk 3 nomor berlaku per provider. Maksudnya, 1 NIK bisa untuk daftar 3 nomor Indosat, 3 nomor Telkomsel, 3 nomor Smartfren dan operator lainnya masing-masing maksimal 3 nomor.
  • Apabila NIK pelanggan sudah digunakan sebanyak 3 nomor (sudah mencapai limit) tapi ingin berganti ke nomor baru, maka bisa menggunakan fitur unreg untuk menonaktifkan data NIK di nomor lama dan menggunakannya untuk nomor baru.

Ilustrasi cara kerja fitur Unreg poin 3 di atas adalah seperti ini:

Misal nomor NIK kalian sudah digunakan untuk registrasi 3 nomor Indosat. Lalu pada suatu kondisi, kalian ingin menggunakan nomor Indosat yang baru, entah itu karena kalian suka dengan nomornya atau hal lain yang intinya kalian ingin menggunakan nomor baru tersebut.

Bagaimana cara menyiasati kondisi tersebut, sementara nomor NIK sudah terpakai untuk 3 nomor Indosat sebelumnya?

Solusi untuk kondisi ini, kalian harus Unreg salah satu nomor indosat yang lama.

Tujuan dari Unreg adalah untuk menghapus data NIK pada nomor yang lama supaya nomor NIK kalian tadi bisa digunakan untuk registrasi kartu Indosat yang baru.

Bagaimana Cara Unreg Indosat?

Tata cara unreg indosat kalian bisa gunakan format sms ini:

Ketik: UNPAIR#NomorIndosatnya

Contoh: UNPAIR#085712345678

Kirim ke 4444

Kalian Mungkin Butuh Ini: Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo (Im3 dan Mentari) Milik Sendiri. Work!

Format unreg di atas dikirim dari nomor yang akan kalian unreg ya (kirim dari nomor indosat yang lama), bukan dari nomor baru.

Tunggu beberapa saat, maka kalian akan mendapat pesan balasan yang menginfokan tentang proses unreg tadi, apakah berhasil atau gagal.

Jika proses unreg tadi berhasil, maka sekarang nomor NIK tersebut sudah bisa digunakan untuk registrasi kartu indosat yang baru.

Tapi jika proses unreg melalui sms di atas gagal, maka kalian harus datang ke gerai indosat terdekat untuk meminta bantuan kepada customer service terkait masalah unreg nomor indosat yang lama. Untuk cara yang ini, kalian wajib membawa data KTP dan KK asli.

Solusi jika Registrasi kartu Indosat kalian Gagal

cara registrasi kartu indosat ooredooMungkin beberapa dari kalian mengalami kondisi seperti ini:

“Registrasi yang kalian lakukan selalu gagal, balasannya NIK dan KK tidak terdaftar atau apalah. Padahal nomor NIK dan KK yang kalian gunakan sudah benar dan sesuai tapi tetap saja replaynya selalu gagal”

Kasus di atas memang sering terjadi, sebagian besar yang mengalaminya adalah pengguna yang memakai NIK atau KK baru. Penyebabnya sebenarnya sederhana, NIK atau KK kalian masih belum tersinkron dengan data yang di server dukcapil pusat. Istilah gampangnya belum tervalidasi.

Bagaimana solusinya?

Solusi bagi kalian yang mengalami kondisi tersebut adalah dengan menelpon layanan kontak center dukcapil di 1500537 supaya dibantu validasi data NIK dan KK baru kalian.

Jadi jika registrasi kartu indosat yang kalian lakukan gagal, jangan panik. Cek 3 hal ini:

  • Pastikan nomor NIK belum melebihi limit 3 nomor per operator. Jika sudah melebihi limit, silahkan Unreg dulu nomor yang lama.
  • Pastikan NIK dan KK sudah tervalidasi dukcapil. Jika belum, silahkan hubungi call center dukcapil.
  • Masih Gagal, Lakukan registrasi kembali setelah 24jam dari registrasi pertama karena ada kemungkinan server dukcapil mengalami peningkatan traffik secara berlebihan/gangguan

Bagaimana jika kita merasa masih menggunakan NIK kita sebanyak 2 kali tapi nomor NIK tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan untuk meregistrasi kartu indosat yang ke 3 dengan alasan sudah melebihi batas?

Itu berarti ada yang menyalahgunakan nomor NIK kalian untuk registrasi nomor Indosat lain. Solusinya adalah datang ke gerai dan minta kepada customer service supaya mengecek berapa saja nomor yang teregistrasi menggunakan nomor NIK kalian.

Jika ada nomor yang bukan milik kalian, silahkan minta unreg nomor indosat tersebut ke customer service gerai indosat.

Baca Juga Konter Terkait Cara Registrasi Kartu Indosat Lainnya:

 

5/5 (3)

Yuk Kasih Rating Konten ini!

Ikuti Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo Ini! Dijamin Work 100%
Ditag pada: