Nomor Tri Kalian tidak bisa dipakai gara-gara belum terdaftar? Yuk ikuti tutorial cara registrasi kartu 3 terbaru ini sekarang juga!

cara registrasi kartu 3Sesuai dengan fakta di lapangan, ternyata tidak semua pengguna kartu 3 (tri) prabayar mengetahui bagaimana cara registrasi kartu nya sesuai dengan peraturan BRTI yang terbaru. Terlebih lagi untuk pelanggan baru, banyak diantara mereka yang mengalami kesulitan ketika mau registrasi kartu yang baru dibelinya.

Sebenarnya sangat gampang sih cara nya, tapi berhubung mungkin informasi yang didapat minim, jadi kesannya sulit.

Nah apabila kalian termasuk salah satu yang mengalami kesulitan tersebut, sebagai solusi, silahkan ikuti cara registrasi kartu 3 (tri) di bawah ini dan bisa langsung dipraktekkan.

Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Via SMS dan Dial

Registrasi Melalui SMS

Cara registrasi kartu 3 (tri) yang pertama yang bisa kalian pilih adalah dengan menggunakan SMS.

Cara nya sangat sederhana, kalian hanya perlu mengirimkan format registrasi nya ke 4444 melalui sms. Untuk formatnya adalah sebagai berikut..

Untuk Regitrasi Kartu Baru

  • Format: NomorNIK#NomorKK#
  • Contoh: 3509663312875656#350966873365656#

cara daftar kartu 3

 

Untuk Registrasi Kartu Lama (Daftar Ulang)

  • Format: Ulang#NomorNIK#NomorKK#
  • Contoh: Ulang#3509663312875656#350966873365656#

cara registrasi nomor tri

Setelah format registrasi tersebut berhasil terkirim, maka tunggu beberapa saat untuk balasannya. Kalian akan memperoleh sms balasan yang menginfokan apakah registrasi tersebut berhasil atau gagal.

Dalam peraturan terbaru BRTI ini, ketika registrasi, Kalian wajib menggunakan nomor KTP dan KK yang telah tervalidasi dukcapil.

Maksudnya, nomor NIK dan KK yang kalian gunakan untuk registrasi tersebut harus nomor NIK dan KK yang asli, tidak bisa lagi diisi secara asal atau acak seperti yang banyak dipraktekkan pada beberapa tahun yang lalu.

 

Registrasi Lewat Dial

Alternatif cara registrasi kartu 3 (tri) yang lain selain lewat sms, kalian juga bisa meregistrasi kartu 3 (tri) tersebut dengan mengguakan metode dial. Prosesnya juga sama mudahnya seperti melalui sms, kalian bisa ikuti cara ini..

  • Ketik: *4444#
  • Pilih: 2 (Registrasi)
  • Masukkan Nomor NIK/KTP lalu tekan OK
  • Masukkan Nomor KK lalu tekan OK

Setelah selesai terproses, informasi berhasil atau gagalnya registrasi kartu 3 (tri) yang telah kalian lakukan tersebut akan diterima dalam bentuk sms. Jadi silahkan cek inbox pesan di hp/modem secara berkala.

Yang harus diperhatikan ketika registrasi kartu 3 (tri)

  1. Kartu harus berada di jaringan minimal 3G (sebagian besar kartu 3 (tri) sekarang tidak bisa membaca sinyal 2g/edge)
  2. Untuk kartu internet, apabila setelah registrasi berhasil kuota tidak muncul, silahkan klaim melalui dial dengan ketik *111*1#
  3. NIK/KTP dan KK yang digunakan untuk registrasi wajib asli dan juga telah tervalidasi dukcapil

Mungkin Kalian Butuh Ini: Cara Mengecek Kuota Three Terbaru & Praktis. Lihat Cara nya

Apakah ada KTP dan KK asli yang tidak tervalidasi dukcapil?
Ada, biasanya terjadi pada KTP dan KK yang baru dibuat. Perlu kalian ketahui KTP dan KK yang masih baru dibuat, biasanya tidak langsung tersinkron di server dukcapil. Artinya, Ktp dan KK yang seperti ini tidak bisa digunakan untuk registrasi. Jikapun dipaksakan, maka hasilnya pasti akan gagal.

 

Cara Cek Kartu 3 (Tri) Sudah Registrasi Atau Belum

Adalah kalanya dalam kondisi tertentu kita tidak yakin dan ingin tahu status registrasi kartu 3 (tri) yang kita miliki apakah sudah benar sesuai dengan aturan BRTI atau belum.

Nah untuk keperluan tersebut, kalian bisa mengetahuinya secara mudah melalui cara ini..

  • Ketik: *4444#
  • Pilih: 2 (Cek Status Registrasi)

Setelah request tersebut terkirim, kemudian informasi terkait status registrasi dari kartu tersebut akan dikirim melalui sms ke kartu 3 (tri) kalian. Pengirimnya berasal dari 4444

Apabila kartu tersebut sudah teregistrasi secara benar, maka isi smsnya kurang lebih akan seperti pada gambar di bawah ini

cara cek status registrasi kartu tri

Tapi apabila registrasi yang telah kalian lakukan ternyata gagal, maka cek kembali apa yang menjadi penyebabnya lalu silahkan kirim ulang kembali.

 

Penyebab Registrasi Gagal & Solusi

Meskipun tata cara nya sangat gampang, dalam prakteknya tidak jarang registrasi terasa sulit sebab sering kali gagal. Nah apabila kalian mengalami yang seperti ini, solusinya adalah cek terlebih dahulu sebelum mengirim ulang faktor yang menjadi penyebab kenapa registrasi yang kalian lakukan hasilnya selalu gagal.

1. Format registrasi gagal terkirim
Salah satu yang menjadi penyebab adalah tanpa disadari, format registrasi yang telah dikirim ternyata gagal terkirim.

Seperti yang telah saya singgung sedikit di atas tadi, kartu 3 (tri) saat ini sebagian besar sudah tidak bisa menangkap sinyal 2G/edge. Gagalnya pengiriman format registrasi, baik melalui sms ataupun dial, besar kemungkinan karena faktor sinyal atau jaringan.

Yang perlu kalian lakukan adalah, pastikan mengirim format registrasi menggunakan hp atau modem yang support jaringan minimal 3G. Dan pastikan terdapat sinyal 3G pada indikator hp atau modem yang digunakan.

2. NIK atau KK yang digunakan salah atau tidak terdaftar di sistem dukcapil pusat
Penyebab yang kedua adalah kesalahan dalam pengetikan atau NIK dan KK yang digunakan belum tervalidasi dukcapil. Kebanyakan yang seperti ini dialami oleh pengguna yang melakukan registrasi menggunakan NIK dan KK yang baru dibuat.

NIK dan KK yang baru dibuat memang adalah kartu identitas asli, tapi untuk keperluan registrasi kartu, masih belum bisa digunakan karena datanya belum tersinkron di server dukcapil.

Solusi untuk mengatasi kondisi yang seperti ini adalah kalian bisa menghubungi call center dukcapil pusat di kontak berikut:

  • 1500537
  • WA/SMS: 08118005373
  • Email: callcenter.dukcapil@gmail.com

3. NIK sudah digunakan registrasi sebanyak 3X
Penyebab registrasi kartu 3 (tri) gagal yang berikutnya adalah NIK atau KTP sudah pernah digunakan untuk registrasi sebanyak 3x.

Melalui peraturan terbaru, BRTI membatasi penggunaan NIK untuk keperluan registrasi maksimal sebanyak 3x kali atau 3 kartu per provider. Jadi kalau sudah digunakan 3x, kalian tidak bisa menggunakannya lagi untuk registrasi kartu yang keempat.

Solusi untuk kondisi ini adalah kalian bisa mengunreg terlebih dahulu kartu atau nomor 3 (tri) lama yang sudah tidak dipakai, kemudian setelah berhasil unreg kartu yang lama, silahkan coba kembali registrasi kartu yang baru.

Apabila kartu lama sudah tidak ada atau hilang, cara yang bisa kalian coba adalah dengan datang ke kantor 3store terdekat untuk dibantu unreg kartu atau nomor 3 (tri) yang hilang tersebut.

4. Sistem server sedang gangguan atau trafiknya overload
Apabila 3 penyebab di atas tadi sudah dipastikan aman tapi registrasi masih tetap saja gagal, kemungkinan besar penyebabnya adalah server sedang mengalami gangguan atau sedang kelebihan trafik.

Kalian bisa mencobanya secara berkala atau sekalian coba keesokan harinya setelah menunggu 1 x 24jam. Jika setelah 1 x 24jam masih saja gagal, solusi yang bisa dicoba adalah dengan datang ke kantor 3store untuk minta bantu registrasi.

 

Cara Unreg Kartu 3 (Tri)

cara unreg kartu 3Sebagai solusi untuk poin ke 2 di atas mengenai penyebab yang membuat kartu gagal diregistrasi karena NIK sudah digunakan sebanyak 3x, kalian bisa melakukan unreg pada kartu yang lama atau yang sudah tidak dipakai.

Cara unreg kartu 3 (tri) sendiri bisa dilakukan asalkan kartunya masih ada pada kalian. Jika sudah hilang, tentu saja kalian harus ke 3store untuk unreg nya.

Untuk melakukan unreg kartu 3 (tri) secara mandiri, bisa dilakukan melalui 2 cara yaitu SMS dan Dial. Tata cara melakukannya adalah sebagai berikut:

Cara Unreg Melalui SMS ke 4444

  • Ketik: Unreg#NomorNIK#
  • Contoh: Unreg#3509663312875656#

Cara Unreg Melalui Dial:

  • Ketik: *4444#
  • Pilih: 4 (Unreg)
  • Masukkan NIK yang dulu digunakan untuk registrasi kartu 3 (tri) tersebut
  • Pilih: 1 (Lanjut)

Baca Juga Konten Terkait Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Lainnya

Yuk Kasih Rating Konten ini!

Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Terbaru Sesuai BRTI. Ini Panduannya
M candra sahabat konter

Seorang yang paham betul di bidang pulsa & konter. Lewat konten yang diterbitkan di Sahabat Konter, saya ingin membagikan pengetahuan terkait informasi pulsa, paket internet dan hal lainnya tentang itu kepada pembaca. Konten di sini saya tulis berdasarkan hasil dari pengalaman, uji coba, info dari operator, review dari customer atau dari sumber lain yang sesuai dengan standar validasi kami.

Ditag pada: