cara menonaktifkan kartu telkomsel

Begini Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel Yang Benar Sesuai Arahan Dari Kemenkominfo. Bisa Diimplementasikan Pada Kartu As, Loop dan Simpati. Yuk Baca Panduannya Sekarang!

Sesuai peraturan terbaru, setiap nomor NIK yang kita milki dibatasi hanya bisa digunakan untuk mengaktifkan maksimal sebanyak 3 kartu telkomsel saja. Keputusan tersebut tentunya membuat kita para pengguna tidak leluasa untuk gonta-ganti simcard.

Tapi untungnya, Telkomsel juga sudah menyadari kondisi tersebut, yang lantas menyediakan sebuah fitur unreg. Dengan fitur ini, kita dapat menggunakannya untuk menyiasati batasan 1 nik 3 nomor yang sudah ditetapkan tersebut.

Jadi dengan fitur ini, kita masih bisa ganti ke nomor telkomsel lain yang kita inginkan dengan menggunakan nomor NIK yang sama meskipun sebelumnya nomor NIK tersebut sudah pernah kita gunakan untuk mengaktifkan kartu telkomsel sebanyak 3 kali.

Cara kerjanya adalah dengan menonaktifkan kartu yang lama terlebih dahulu, kemudian menggunakan kembali NIK tersebut untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang baru.

Lantas, bagaimana cara nya? Selengkapnya silahkan kalian simak pada panduan di bawah ini..

 

Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel Yang Benar

Saat ini, untuk menonaktifkan kartu perdana telkomsel, kalian hanya bisa menggunakan 2 macam cara saja. Tapi meskipun demikian, kedua cara ini sangat efektif dan rekomended untuk digunakan, baik dari sisi kecepatan proses ataupun kemudahan dalam implementasinya. Kedua cara tersebut adalah seperti dibawah ini..

 

Melalui Sms

Cara pertama yang bisa kalian gunakan adalah melalui sms. Cara nya sangat sederhana, kalian tinggal ketik formatnya seperti dibawah ini:

  • Format: UNREG#NIK
  • Contoh: UNREG#350915151288xxxx

Kirim format di atas ke 4444 lalu tunggu pemberitahuan statusnya. Biasanya informasi apakah kartu telkomsel tersebut telah berhasil dinonaktifkan atau tidak akan dikirim melalui sms juga, jadi cek secara berkala inbox pesan masing-masing.

Keterangan:

  1. Tulisan UNREG bisa diketik bebas, bisa huruf capital atau huruf kecil semua, karena itu tidak ada bedanya
  2. NIK yang diketikkan pada format di atas harus sama dengan nomor NIK yang digunakan pada saat mengaktifkannya dulu
  3. Antara tulisan UNREG dan Nomor NIK harus dipisah dengan tanda pagar (#)
  4. Bagian akhir setelah nomor NIK tidak perlu diberi tanda baca apapun, jadi jika kalian mengaktifkan fitur signature pada pengaturan perpesanan, silahkan dinonaktifkan terlebih dahulu karena hal ini bisa menjadi penyebab gagalnya proses menonaktifkan kartu tersebut.

 

Melalui Dial

Cara yang kedua adalah melalui dial. Untuk cara ini kalian bisa menggunakan kode dial *444# dari nomor telkomsel yang akan dinonaktifkan tersebut, bisa kartu as, loop ataupun simpati. Adapun implementasinya sebagai berikut:

  • Ketik *444#
  • Pilih nomor urut 3 Unreg
  • Masukkan nomor KTP/NIK yang dulunya digunakan untuk mengaktifkan nomor tersebut

Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian ikuti langkah-langkahnya sesuai pada gambar dibawah ini:

cara menonaktifkan kartu telkomsel melalui dial

Menonaktifkan kartu telkomsel dengan cara ini, notifikasi sukses atau gagalnya akan langsung muncul berupa popup sesaat setelah kalian klik tombol “mengirim”. Tapi jika popup notifikasi tersebut tidak muncul, kalian bisa cek statusnya pada inbox pesan sms pada kartu telkomsel yang dinonaktifkan tersebut.

Perlu kalian ketahui, kedua cara di atas, bisa diterapkan pada semua jenis kartu telkomsel, baik untuk kartu kuota ataupun kartu reguler atau perdana biasa.

Jadi jika misalnya anda bosan dengan nomor yang lama, dan kebetulan baru membeli nomor cantik, kalian bisa menonaktifkan terlebih dahulu nomor yang lama tersebut dengan menggunakan salah satu cara di atas, kemudian menggunakan nik nya untuk mengaktifkan nomor cantik yang baru dibeli tersebut.

Bagaimana? Mudah sekali kan? Dalam kondisi normal, kalian bisa langsung menonaktifkan kartu perdana telkomsel secara mandiri dengan menggunakan salah satu dari kedua cara di atas. Tapi untuk kondisi-kondisi tertentu, kalian mungkin akan membutuhkan bantuan customer service telkomsel untuk melakukannya.

 

FAQ

Bagaimana cara menonaktifkan kartu telkomsel yang hilang atau mati?
Cara di atas tadi hanya bisa kalian lakukan jika kartu yang akan dinonaktifkan masih berada pada kalian. Apabila kartunya hilang atau bahkan sudah kadaluarsa, maka kalian tidak bisa menggunakan kedua metode di atas tadi.

Untuk kondisi yang seperti ini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan datang ke grapari terdekat untuk meminta bantuan kepada cs supaya menonaktifkan nomor telkomsel milik kalian yang hilang atau sudah mati tersebut.

Ini juga berlaku jika kartu telkomsel yang kalian gunakan ini adalah kartu yang sebelumnya sudah aktif, dan kalian juga tidak tahu berapa nomor NIK dan KK yang digunakan untuk mengaktifkannya dulu.

Adapun persyaratan yang perlu kalian persiapkan apabila mau menonaktifkan kartu lewat grapari antara lain:

  • Nomor KTP dan KK yang digunakan untuk mengaktifkannya dulu
  • 5 nomor yang sering dihubungi

Bisakah menonaktifkan nomor kartu telkomsel secara online?
Untuk saat ini, menonaktifkan nomor kartu telkomsel secara online sudah tidak bisa dilakukan. Kalau dulu ketika masih tahap awal diberlakukannya peraturan ini masih bisa. Tapi sekarang kalian hanya bisa menonaktifkan dengan menggunakan kedua cara di atas tadi.

Saya sudah menonaktifkan kartu telkomsel yang lama, tapi kenapa NIK nya masih tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan kartu telkomsel yang baru?
Apabila terjadi kasus yang seperti ini, umumnya penyebabnya adalah proses menonaktifkannya belum berhasil yang ditandai dengan tidak adanya pemberitahuan pada pesan sms ataupun popup di layar hp. Solusinya adalah kalian bisa mencoba menonaktifkan nya lagi dengan format yang benar dan pastikan mendapat notifikasi bahwa proses tersebut berhasil.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Benar Sesuai Aturan BRTI

Berapa kali dalam sehari kita bisa menonaktifkan dengan menggunakan cara ini?
Sepengetahuan saya hingga saat ini masih belum ada batasan berapa maksimalnya dalam 1 hari. Jadi selama belum ada batasan, kalian bebas bisa melakukannya berkali-kali asalkan data yang digunakan adalah data milik sendiri yang valid dan tidak menyalahi hukum.

Bagaimana kondisi kartu yang sudah dinonaktifkan, apakah menjadi kadaluarsa?
Perlu diketahui, upaya menonaktifkan ini bukan untuk membuat kartu menjadi kadaluarsa. Kartu telkomsel yang kalian nonaktifkan, sebenarnya kartu tersebut tidak expired, hanya saja kembali menjadi kartu perdana segel. Jadi kalian masih bisa mengaktifkannya lagi selama masa aktifnya masih ada.

Maksudnya begini, misalkan kartu yang akan kalian nonaktifkan memiliki masa aktif hingga 30 hari kedepan. Lalu sekarang kalian menonaktifkan nya. Maka kartu ini masih bisa kalian gunakan lagi dengan cara mengaktifkannya sebelum hari ke 30.

 

Konten Terkait Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel

Yuk Kasih Rating Konten ini!

Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel Yang Benar. Ini Panduannya
M candra sahabat konter

Seorang yang paham betul di bidang pulsa & konter. Lewat konten yang diterbitkan di Sahabat Konter, saya ingin membagikan pengetahuan terkait informasi pulsa, paket internet dan hal lainnya tentang itu kepada pembaca. Konten di sini saya tulis berdasarkan hasil dari pengalaman, uji coba, info dari operator, review dari customer atau dari sumber lain yang sesuai dengan standar validasi kami.