cara mengaktifkan kartu telkomsel

Cari tahu disini bagaimana cara mengaktifkan kartu telkomsel yang benar sesuai peraturan BRTI terbaru.Dapat diterapkan pada nomor Simpati, Loop dan As

Jika dibandingkan dengan periode dahulu, aktivasi kartu telkomsel saat ini terasa sangat berbeda sekali. Kalau dulu kita bisa mengaktifkan banyak kartu perdana secara masal, sekarang sudah tidak bisa lagi.

Sesuai dengan peraturan terbaru BRTI, saat ini 1 NIK atau 1 nomor KTP hanya bisa digunakan untuk mengaktifkan kartu sebanyak 3 kali saja untuk masing-masing operator. Dan 3 kali itu adalah batas maksimal, jadi kalau NIK kalian sudah pernah digunakan untuk mengaktifkan kartu perdana telkomsel sebanyak 3 kali maka NIK tersebut tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan kartu yang keempat.

Sebenarnya, ini memiliki tujuan yang sangat bagus, karena dapat meminimalisir tidak kejahatan yang berasal dari simcard seperti penipuan, spam broadcast atau yang lainnya. Oleh sebab itu, saat ini semua pengguna layanan operator seluler diwajibkan untuk melakukan aktivasi ulang sesuai data NIK dan KK yang asli sesuai aturan BRTI yang terbaru.

Tapi masalahnya, dibalik tujuan yang baik tersebut, ternyata masih banyak diantara kita yang belum paham bagaimana cara yang benar sesuai peraturan yang terbaru tersebut.

Nah untuk mengatasi kondisi ini, bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan kartu telkomsel yang benar yang sesuai dengan peraturan BRTI terbaru, bisa mengikuti panduan yang ada disini..

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Benar Sesuai Peraturan BRTI Yang Terbaru

Pada dasarnya kalian bisa mengaktifkan kartu perdana telkomsel melalui 2 cara yang sangat mudah dan sederhana, yaitu melalui dial dan sms. Kedua metode tersebut memiliki fungsi dan kecepatan yang sama dalam mengirim format aktivasi, jadi kalian bebas bisa pakai salah satu sesuai keinginan masing-masing.

 

Cara Mengaktifkan Melalui Dial

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang pertama adalah melalui dial. Adapun format atau kode dial ussdnya adalah sebagai berikut:

  • Ketik: *444*NomorNIK*NomorKK#
  • Contoh: *444*1234567896789012*9678901212345678#

Lalu tekan OK/Panggil

Setelah klik ok/panggil lalu tunggu replay nya beberapa saat. Informasi sukses atau gagal nya aktivasi yang telah kalian lakukan akan diinformasikan oleh 4444 melalui sms. Silahkan cek inbox pesan pada hp masing-masing secara berkala.

cara mengaktifkan kartu telkomsel lewat dial

 

Cara Mengaktifkan Melalui Sms

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang juga bisa kalian gunakan adalah melalui sms. Untuk format aktivasinya adalah sebagai berikut:

  • Format: REG<Spasi>NomorNIK#NomorKK#
  • Contoh: REG 1234567896789012#9678901212345678#

Lalu kirim format tersebut ke 4444

Sama seperti ketika mengaktifkan melalui dial di atas, mengaktifkan via sms status aktivasinya juga akan informasikan oleh 4444 melalui sms. Silahkan cek inbox pesan secara berkala untuk mengetahui apakah aktivasi pada kartu tersebut berhasil atau gagal.

 

Cara Mengecek Kartu Sudah Aktif Atau Belum

Cara untuk mengetahui apakah nomor telkomsel tersebut sudah aktif atau belum, bisa diketahui dengan cara mengecek inbox pesan yang berasal dari 4444. Tapi cara ini hanya berlaku untuk nomor telkomsel yang baru di aktivasi saja tentunya, dan inbox pesannya juga belum dihapus.

Bagaimana cara mengetahui apakah nomor telkomsl tersebut sudah aktif atau tidak jika inbox pesan sudah terlanjur dihapus..?

Cara mengetahuinya gampang saja. Asalkan di kartu telkomsel tersebut ada pulsanya, kalian bisa tes dengan melakukan panggilan ke nomor lain atau mengaktifkan sambungan datanya lalu melakukan browsing atau akses internet lainnya. Jika bisa, maka sudah pasti nomor telkomsel tersebut sudah aktif.

Begitu juga sebaliknya, jika nomor tersebut tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan ataupun internetan, berarti nomor telkomsel tersebut belum aktif.

Perlu kalian ketahui, aktivasi yang berlaku sekarang ini diwajibkan untuk semua pengguna kartu seluler, tidak terbatas kartu baru saja. Kalian yang memiliki kartu telkomsel lama pun juga wajib melakukan aktivasi ulang menggunakan NIK dan KK asli yang sudah tervalidasi dukcapil pusat.

Bagi kalian yang memiliki atau menggunakan kartu telkomsel lama, untuk mengetahui apakah kartu tersebut sudah diaktifkan dengan benar ataukah masih harus melakukan aktivasi ulang, bisa diketahui dengan cara mengecek statusnya melalui dial.

Adapun cara mengeceknya adalah sebagai berikut:

  • Ketik: *444#
  • Pilih: 2 (Cek Status Registrasi)
  • Masukkan nomor NIK yang digunakan untuk aktivasi sebelumnya

Informasinya akan dikirim melalui sms oleh 4444. Silahkan cek inbox pesan di hp kalian.

Cara ini hanya bisa dilakukan jika dalam aktivasi sebelumnya kalian menggunakan NIK asli milik sendiri. Jika menggunakan NIK orang lain atau bahkan mnggunakan nomor NIK acak tentunya kalian tidak bisa mengetahui apakah nomor telkomsel tersebut sudah diaktivasi dengan benar atau belum.

Jika NIK yang kalian gunakan acak atau bukan milik sendiri, cara untuk mengetahuinya adalah dengan datang ke grapari atau menghubungi call center untuk  dibantu melakukan pengecekan.

 

Kendala Yang Biasa Terjadi Saat Mengaktifkan Kartu Perdana Telkomsel & Cara Mengatasinya

Fakta dilapangan, ada beberapa kendala yang sering terjadi pada saat mengaktifkan kartu perdana. Kendala-kendala tersebut tentu saja menyebabkan kartu telkomsel tersebut gagal diaktivasi.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena saya punya cara untuk mengatasinya. Adapun kendala yang sering terjadi pada saat mengaktifkan kartu telkomsel antara lain..

1. Format Salah
Kendala yang pertama adalah replay format salah atau semacamnya. Jadi meskipun format yang kalian kirim sudah benar, tapi tetap saja replay yang kalian terima format salah. Jika kalian mengalaminya, tidak perlu khawatir.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena server dukcapil kelebihan beban atau bahasa gampangnya sedang gangguan. Jadi kesalahannya bukan pada kita yang mengaktifkan kartu tapi pada server dukcapil pusat.

Cara mengatasi kondisi yang seperti ini adalah lakukan aktivasi kembali secara berkala. Kalian bisa mengaktifkan nya lagi nanti per 4 jam atau lebih. Saran saya sebaiknya coba lakukan aktivasi kembali setelah 24 jam untuk memastikan kalau kondisi server dukcapil sudah benar stabil.

Tapi jika lebih dari 24 jam masih belum bisa, maka sebaiknya kalian datang ke grapari terdekat dan minta ke customer service untuk membantu mengaktifkan nya. Ketika datang ke grapari jangan lupa catat nomor NIK dan KK milik kalian yang asli karena nanti akan diminta oleh CS yang membantu mengaktifkan kartu perdana telkomsel kalian.

2. NIK atau KK Tidak valid
Kendala yang kedua yang juga sering terjadi pada saat mengaktifkan kartu perdana telkomsel adalah adanya replay/balasan NIK atau KK tidak valid atau semacamnya. Kalau yang seperti ini biasanya disebabkan karena NIK dan KK yang kalian gunakan memang tidak valid.

Jadi meskipun NIK dan KK yang digunakan adalah asli tapi belum tentu valid. Kasus seperti ini kebanyakan terjadi jika kalian mengaktifkan kartu telkomsel menggunakan NIK dan KK yang baru dibuat. Logikanya, data NIK dan KK yang baru dibuat belum tersinkronisasi sccara valid dengan server dukcapil pusat.

Cara untuk mengatasi kondisi yang seperti ini adalah dengan menghubungi call center dukcapil dan menginfokan bahwa NIK dan KK tersebut benar. Setelah menerima pengaduan dari kalian, biasanya dukcapil akan langsung melakukan validasi pada NIK dan KK tersebut supaya bisa langsung digunakan untuk aktivasi. Adapun nomor call center dukcapil adalah 1500537.

3. Tidak Ada Balasan
Kendala yang ketiga adalah setelah mengirim format aktivasi, kalian tidak kunjung mendapat pesan balasan. Meskipun ditunggu lama tetap tidak ada replay dari 4444.

Kasus yang seperti ini akan terjadi jika kalian mengaktifkan kartu perdana telkomsel dengan menggunakan NIK atau KTP yang sudah pernah digunakan sebanyak 3 kali.

Itu sebabnya kalian tidak mendapatkan replay. Dan kalaupun mendapatkan balasan, isi pesan balasannya biasanya “Nomor NIK Anda Sudah Melebihi Batas”.

Cara untuk mengatasi kendala ini adalah dengan cara menonaktifkan salah satu kartu telkomsel yang sudah tidak digunakan lagi. Baru setelah NIK sudah lepas dari kartu telkomsel yang lama, kalian bisa menggunakannya lagi untuk mengaktifkan kartu telkomsel yang baru.

Bagaimana jika kartu yang lama hilang atau sudah terlanjur dibuang?

Kalau sudah hilang atau terlanjur dibuang tentunya kalian tidak bisa menonaktifkannya sendiri. Kalian harus datang ke grapari untuk meminta bantuan kepada cs supaya menonaktifkan kartu telkomsel yang lama yang sudah hilang tersebut.

 

Cara Menonaktifkan Registrasi Pada Kartu Telkomsel

Memang pada dasarnya 1 NIK atau 1 nomor KTP maksimal hanya bisa digunakan untuk 3 kali saja. Tapi bukan berarti kalian tidak bisa menggunakannya lagi jika sudah mencapai 3 kali.

Kalian tetap bisa mengaktifkan kartu telkomsel yang baru dengan menggunakan NIK tersebut. Cara nya adalah dengan menonaktifkan kartu yang lama yang sudah tidak dipakai terlebih dahulu.

Dengan menonaktifkan kartu yang lama, berarti jatah NIK yang tadinya sudah 3 kali, sekarang menjadi 2 kali. Artinya ada jatah 1 kali lagi yang bisa kalian gunakan untuk mengaktifkan kartu telkomsel yang baru lagi. Paham kan maksudnya…?

Adapun cara menonaktifkan registrasi kartu telkomsel tersebut adalah seperti ini:

  • Format: UNREG#NomorNIK
  • Contoh: Unreg#1234567896789012

Kirim format unreg tersebut ke 4444

Kemudian tunggu beberapa saat, informasi apakah kalian sukses atau gagal dalam menonaktifkan nya akan dikirim oleh 4444 melalui sms. Cek secara berkala inbox pesan pada hp masing-masing.

Selain cara di atas, kalian juga bisa menonaktifkan registrasi kartu telkomsel yang lama dengan menggunakan dial.

Adapun cara menonaktifkan melalui dial adalah sebagai berikut:

  • Ketik: *444#
  • Pilih: 3 Unreg
  • Masukkan 16 digit nomor KTP yang dulu kalian gunakan untuk mengaktifkan nya

Kedua cara menonaktifkan kartu telkomsel tersebut hanya bisa kalian lakukan jika sebelumnya kartu tersebut diaktifkan dengan NIK atau nomor KTP asli milik kalian sendiri atau jika bukan, setidaknya kalian tahu nomor NIK nya.

Apabila kalian tidak tahu berapa nomor NIK yang dulu digunakan untuk mengaktifkan nya tentu saja kalian harus datang ke grapari untuk meminta bantuan kepada CS supaya menonaktifkan nya.

 

Baca Juga Konten Terkait Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Terbaru Lainnya

Yuk Kasih Rating Konten ini!

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Benar Sesuai Aturan BRTI
M candra sahabat konter

Seorang yang paham betul di bidang pulsa & konter. Lewat konten yang diterbitkan di Sahabat Konter, saya ingin membagikan pengetahuan terkait informasi pulsa, paket internet dan hal lainnya tentang itu kepada pembaca. Konten di sini saya tulis berdasarkan hasil dari pengalaman, uji coba, info dari operator, review dari customer atau dari sumber lain yang sesuai dengan standar validasi kami.